Follow Us @soratemplates

Jumat, 08 November 2019

Mengutamakan Keselamatan, Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat Dalam Kegiatan Transportasi


Mengutamakan Keselamatan, Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat Dalam Kegiatan Transportasi


Berbicara mengenai transportasi, dari tahun ke tahun transportasi di Indonesia tentu saja telah mengalami progres yang signifikan. Seperti Bus, Angkutan Umum atau sering kita sebut angkot, Kereta Api, Pesawat, kapal, dan Ojek Online.  Begitu banyak sekali alat transportasi yang bisa kita gunakan untuk berpergian kemanapun yang kita mau. Kita bebas memilih jenis transportasi apa yang kita gunnakan, kalau saya sendiri saya memilih tarif yang paling murah dan nyaman tentunya. Tidak bisa dipungkiri, bukankah kita sebagai manusia harus hemat uang bukan? Apalagi anak kost-kost’an tentu saja harga murah menjadi patokan awal dalam memilih alat transportasi.
Kondisi Negara kita Indonesia sebagai negara yang terdiri dari berbagai macam pulau, transportasi menjadi hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Dengan adanya transportasi dapat mempermudah pengiriman barang atau jasa ke berbagai wilayah di Indonesia. Selama lima tahun terakhir  Kementrian Perhubungan telah membangun berbagai sarana-prasarana transportasi pada sektor darat, laut, dan udara. Perkembangan transportasi yang semkain meningkat tentunya akan sangat membantu kehidupan manusia sehari-hari. Karena masyarakat yang bahkan tinggal di pedalaman atau bisa dikatakan terpencil sangat memperlukan alat transportasi untuk menyalurkan hasil pertanian ataupun peternakannya di kota.
Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, pada dasarnya setiap tahun pengadaan jumlah alat transportasi di Inonesia semakin bertambah dan semkain canggih, dengan pengadaan alat transportasi canggih akan lebih mambantu masyarakat terutama mengenai keselamatan, keamanan dan kenyamanan masyarakat. Seperti yang kita lihat saat ini banyak sekali transportasi mewah yang beroperasi di kota-koa besar seperti KRL (Kereta Api Listrik), bus MRT dan LRT  tampilan bus pun di desain sebaik mungkin agar terlihat lebih elegant layaknya bus diluar negeri, dalam kurun lima tahun pekembangan alat transportasi di Indonesia sangat berkembang dengan cepat. Dengan perkembangan yang sangat cepat ini, seharusnya masyarakat dituntut untuk selalau menggunakan alat transportasi yang disediakan pemerintah daripada membawa alat transportasi sendiri. Selain itu, dengan di adakannya budaya naik bus akan mengurangi kemacetan dijalanan. Mengingat  Indonesia merupakan negara termacet ke-tujuh di dunia, sedangkan negara termacet nomor satu di dunia di duduki oleh India.

Sebagai manusia yang tak luput dari rasa khawatir tentu saja kita memikirkan keselamatan untuk diri kita. Memang, setiap berkendara dengan menggunakan alat transportasi apapun tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap alat transportasi memiliki resikonya masing-masing. Tragedi seperti kecelakaan dalam  berkendara memang tidak bisa hindari. Keselamatan penumpang menjadi hal yang paling diutamakan. Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya suatu kecelakan. Contohnya saja kecelakaan Bus, bisa disebabkan oleh supir yang mengantuk atau ada mesin-mesin yang  mengalami kerusakan. Seperti belakangan ini yang kerap terjadi di Inonesia adalah kecelakan bus yang diakibatkan supir yang mengantuk. Kalau hal seperti ini terjadi, lantas siapa yang mau disalahkan? Tentu orang akan menyalahkan sang supir. Logikanya kita tidak pernah tahu masalah yang dialami sang supir tersebut. Apakah ia sehat atau tidak? Namun hal semacam itu, ketidakkonsentrasiannya dalam menyupir tentu akan berdampak terhadap resiko keselamatan penumpang itu sendiri. Kualitas sumber daya manusianya seharusnya bisa saja diperbaiki untuk meminimalisir terjadinya suatu kecelakaan karena setiap orang mengutamakan keselamatan untuk dirinya. Selain itu kita sebagai warga negara harus lebih taat kepada aturan lalu lintas, tak jarang kita lihat akibat tidak taat aturan lalu lintas menjadi sebuah tragedi kecelakan. Kita bisa menengok negara-negara maju seperti Jepang yang sangat taat kepada aturan, bahkan disaat jalanan kosong pun mereka tetap berhenti apabila dilihatnya lampu hijau.
            Setiap orang yang tinggal di kota-kota besar dan terkenal selalu menyediakan alat transportasi yang bagus dan  bisa dikatakan mewah, sarana dan prasarana yang disediakan pun cukup lengkap. Dengan fasilitas AC, dan tempat duduk yang nyaman. Namun, dibalik alat transportasi yang bagus dan mewah, apakah bisa menjamin keamanan penumpang? Jawabanya bisa ya dan bisa tidak. Seperti yang telah saya tuturkan dikalimat sebelumnya bahwa dalam hal bekendara memiliki resikonya masing-masing. Contohnya ketika berada didalam bus, para pencopet tidak bisa kita hindari. Banyak sekali para pencopet yang lihai dan terlatih sehingga mereka sangat ahli dalam hal copet-mencopet.
            Selain itu, saya bangga kepada Kementrian Perhubungan Indonesia yang selalu memberikan alat transportasi yang bisa digunakan banyak orang dengan tarif yang lebih murah. Sebagai Contoh dikawasan sekitaran kota medan menyediakan bus Mebidang (Medan-Binjai-Deli Serdang) membuat diri saya menjadi terbantu dalam hal berkendara yang memiliki fasilitas yang nyaman dan aman dengan harga yang tidak menguras isi dompet. Saya sebagai seorang yang konsumtif tentu saya sangat senang dengan pengadaan bus yang nyaman, bukan hanya saya, mungkin juga orang lain merasakan apa yang saya rasakan. Saya lebih suka menggunakan alat transpotasri seperti bus dibandingkan dengan angkutan umum. Karena saya rasa dengan harga yang sama tetapi kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan angkot. Sebaiknya kita masyarakat Indonesia harus membiasakan diri menggunakan alat transportasi umum dan dapat menjadi budaya yang memiliki pengaruh positif.
            Kita bisa melihat contoh alat transportasi di negera-negara maju misalnya, bahkan di Negara maju jarang sekali ditemukan angkutan umum (angkot). Seperti yang telah kita ketahui, pada dasarnya dalam hal keamanan diri kita sendirilah yang harus menjaganya., karena dimana ada kesempatan disitu ada kejahatan. Lantas seperti di kota-kota besar dengan alat tranportasi mewahnya, tidak sedikit yang menggunakan CCTV untuk merekam segala aktivitas yang terjadi didalamnya. Dengan bantuan CCTV kita dapat melihat pelaku kejahatan yang terjadi. Akhir-akhir ini saya mendengar di berita Televisi dan sosial media bahwasanhya terdapat pelecehan seksual yang terjadi di angkot tepatnya di kota Medan tempat saya menetap. Bukan hanya di Medan. Kasus pelecehan seksual yang terjadi di angkot pun terjadi pula di kota-kota besar lainnya yang berada di Indonesia. Bahkan terkadang saya memiliki rasa takut tersendiri apabila naik angkot di malam hari. Naik angkot membuat saya berpikir dua kali dengan segala resikonya. Lantas apa yang harus dilakukan agar setiap alat transportasi manapun aman untuk kita gunakan?
            Sebaiknya setiap alat transportasi tidak dibeda-bedakan dalam hal pengadaan sarana-prasarana seperti CCTV yang bisa memantau segala kegiatan yang terjadi didalamnya, setiap orang pasti ingin dirinya aman dari tindak kejahatan atau lain sebagainya yang menimbulkan ketidaknyamanan pengguna. Contoh kasus diatas mengajarkan dan memberitahukan kepada kita semua agar tidak berkendara di saat larut malam. Sebaikanya angkutan umum tidak lagi dioperasikan diatas jam 10 malam, demi keamanan para penumpang.
            Selain itu, faktor kenyamanan merupakan hal yang paling penting setelah harga, banyak orang yang rela menguras isi dompetnya demi mendapatakan sebuah kenyamanan untuk dirinya. Istilahnya sih nyaman is number one. Kalau anak kost harga is number one. Bukankah beda orang beda pemikiran? Tapi apabila harga murah dengan kualitas aman dan nyaman, bukankan itu merupakan sebuah kebahagiaan yang hakiki?
            Kenyamanan bukan hanya ditinjau dari pengadaan sarana dan prasarana yang lengkap, melainkan kenyamanan dalam hal pelayanan yang membuat diri kita puas tentunya. Seperti berada di dalam pesawat, kita sangat nyaman dengan seorang pramugari yang melayani penumpang dengan ikhlas, sabar dan penuh senyuman yang manis. Tapi, yang kadang menjadi masalah pada transportasi ini adalah mengenai keterlambatan penerbangan pesawat atau biasa disebut delay. Keterlambatan biasanya disebabkan oleh banyak hal mulai dari cuaca yang tidak mendukung atau masalah lainnya. Memang, dengan menggunakan pesawat jarak yang kita tempuh akan menjadi cepat dibandingkan menggunakan alat trasnpsotasi lainnya, tapi sayangnya untuk sekali naik pesawat kita harus menguras isi dompet kita.
            Berbicara mengenai pesawat, saya sangat senang dengan diberitakannya bahwa Kabupaten Labuhan Batu akan merencanakan pembangunan Bandar Udara. Ini artinya kemajuan transportasi di Indonesia  semakin meningkat. Sekarang, Bandar Udara tidak hanya  kita jumpai di kota-kota besar saja. Namun, kota kecil pun akan segera memiliki Bandar Udara. Artinya mereka telah mendengar suara masyakarat dalam hal kemajuan transportasi. Tentu kami sebagai masyarakat sangat bangga kepada Kementrian Perhubungan Indonesia yang selalu peka dalam hal mendukung kemajuan alat transportasi di Indonesia.
            Kita semua sangat berharap dengan adanya kemajuan transportasi di Indonesia akan semakin maju pula tingkat keselamatan, keamanan dan kenyamanan serta memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Diharapakan semakin berjalannya waktu alat transportasi yang canggih dan mewah tidak hanya berlaku di kota-kota besar saja. Bahkan kota kecil pun harus memiliki sarana-sarana transportasi yang sama yang dapat menunjang kenyamanan bagi setiap orang. selain itu semoga dengan pengadaan alat transpostrasi yang berkembang saat ini membuka  pikiran masyrakat Indonesia lebih terbuka untuk memanfaatkan  fasilitas yang telah disediakan pemerintah dengan berbudaya naik transportasi umum agar mengurangi kemacetan dijalanan. Memang merubah suatu kebiasaan bukanlah perihal yang mudah bagi sebagian orang, namun itu sangat perlu dilakukan agar menjadikan negara kita sebagai negara yang tertib dan terartur serta meminimalisir polusi udara akibat terlalu banyak kendaraan di jalanan.

Instagram : @kemenhub151
Website    : http://dephub.go.id/

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar